Arti Warna Buah dan Sayuran

Sayur mayur dan buah-buahan merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan gizi, vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat kesehatan tubuh. Buah dan sayuran memiliki berbagai macam aneka warna yang berbeda-beda. Dan tahukah anda bahwa ternyata warna pada buah dan sayuran ini memiliki arti. Warna-warna tersebut menunjukkan kandungan fitonutrien yang terkandung di dalamnya.

Fitonutrien atau kadang disebut fitokimia, dalam arti luas adalah segala jenis zat kimia atau nutrien yang diturunkan dari sumber tumbuhan, termasuk sayuran dan buah-buahan. Dalam penggunaan umum, fitokimia memiliki definisi yang lebih sempit. Fitokimia biasanya digunakan untuk merujuk pada senyawa yang ditemukan pada tumbuhan yang tidak dibutuhkan untuk fungsi normal tubuh, tapi memiliki efek yang menguntungkan bagi kesehatan atau memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit.
Fungsi fitonutrien bagi tumbuhan adalah menjaganya dari lingkungan sekitar, seperti pemangsa, virus, bakteri dan jamur. Sedangkan fungsi fitonutrien bagi manusia antara lain yaitu untuk menjaga kesehatan jantung, sirkulasi darah, membantu pertumbuhan sel dan fungsi organ tubuh, serta antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.
Fitonutrien yang terkandung pada buah dan sayuran masing-masing berbeda-beda satu sama lain. Jenis-jenis fitonutrien antara lain Lycopene, Beta-Carotene, Anthocyanidins, Resveratol, Striknin, Skopolamin, Skopoletin, Skoparon, Allicin, dan Lutein. Untuk mendapat semua manfaatnya, disarankan anda untuk mengkonsumsi aneka buah dan sayuran ini dengan berbagai ragamnya setiap hari. Berikut kandungan fitonutrien pada warna buah dan sayur serta manfaatnya bagi kesehatan kita.

Merah
Warna merah pada buah-buahan berarti dalam buah tersebut terdapat kandungan Antosianin dan Lycopene di dalamnya. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan Lycopene menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar kita tidak mudah pikun. Selain itu, Lycopene juga mencegah bermacam-macam penyakit kanker. Lycopene juga dikenal sebagai Antioksidan tinggi untuk melindungi tubuh dari serangan virus, infeksi serta dapat mencegah penuaan dini dengan cara melindungi lapisan kolagen yang sangat baik untuk kesehatan kulit dalam tubuh kita.
Sementara sayuran yang berwarna merah seperti terung, kol merah, dan bayam merah. Pigmen pada sayuran jenis ini mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker. Selain itu, kol merah jika disantap mentah ternyata mengandung senyawa fitokimia dan vitamin C dua kali lipat daripada kol putih.

Jingga dan Kuning
Buah dan sayur yang berwarna jingga atau kuning mengandung Beta-Carotene sebagai antioksidan yang bisa mencegah penyakit jantung, kanker kulit dan penuaan dini serta sebagai sumber vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi untuk mencegah anemia dan rasa letih yang berlebih. Selain itu, sebagian Beta-Carotene yang ada di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang akan memacu sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Ungu, Biru dan Hitam
Mengandung Anthocyanidins Resveratol, Striknin, Skopolamin, Skopoletin dan Skoparon yang merupakan senyawa aktif yang dapat menghambat serangan gugup atau kekejangan saraf. Selain Oksidan yang tinggi sayur dan buah warna ungu-biru hitam ini baik untuk memperlancar peredaran darah.

Hijau
Sayur berwarna hijau merupakan sumber kaya Beta-Carotene (provitamin A). Semakin tua warna hijaunya, maka semakin banyak kandungan Beta-Carotenenya. Kandungan Beta-Carotene pada sayuran membantu memperlambat proses penuaan dini mencegah resiko penyakit kanker, meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.
Selain itu, sayur mayur dan buah-buahan berwarna hijau juga mengandung Lutein, Vitamin dan Mineral yang sangat baik untuk sistem imun atau kekebalan tubuh serta baik untuk mata juga kulit. Vitamin K dalam sayuran hijau juga membantu tubuh menyerap kalsium untuk menjaga kekuatan tulang, juga pertumbuhan kuku dan rambut yang sehat.

Putih
Mengandung Allicin untuk menjaga kesehatan tulang, kesehatan fungsi arteri dan kelancaran peredaran darah. Kandungan serat dan vitamin C dalam buah-buahan berwarna putih juga tinggi. Manfaat langsung serat itu membuat kita nyaman saat buang air besar.
By Vee Posted in Gizi

12 Tanda-tanda Depresi pada Pria

Baik pada pria maupun wanita, depresi dapat menyebabkan kesedihan dan kehilangan minat kepada kegiatan yang sifatnya menyenangkan sekalipun. Hanya saja, laki-laki dan perempuan cenderung memiliki perbedaan dalam menunjukkan depresinya. Berikut adalah 12 tanda-tanda depresi pada pria.

1. Kelelahan
Orang yang mengalami depresi mau tidak mau harus menjalani serangkaian perubahan fisik dan emosional. Mereka bisa mengalami keterbelakangan kelelahan, serta psikomotor, atau perlambatan gerakan fisik, ucapan, dan proses berpikir.

2. Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
Masalah tidur-seperti insomnia, bangun sangat awal di pagi hari, atau tidur yang berlebihan adalah gejala depresi secara umum.

3. Sakit perut atau sakit punggung
Masalah kesehatan seperti sembelit atau diare, serta sakit kepala dan sakit punggung, umum dialami oleh orang yang mengalami depresi.

4. Sifat lekas marah
Untuk menyembunyikan kondisinya yang sedang “down”, pria yang mengalami depresi sering menunjukkan tanda-tanda marah.

5. Kesulitan berkonsentrasi
Retardasi psikomotor dapat memperlambat kemampuan pria untuk memproses informasi, sehingga mengganggu konsentrasi pada pekerjaan atau tugas lainnya.

6. Kemarahan atau permusuhan
Beberapa pria memanifestasikan depresi dengan menjadi bermusuhan, marah, atau agresif. Seorang pria yang menyadari ada sesuatu yang salah mungkin merasa perlu untuk mengkompensasinya dengan menunjukkan bahwa dia masih kuat atau mampu.

7. Stres
Penelitian telah menunjukkan bahwa stres dapat menyebabkan perubahan baik dalam tubuh dan otak, yang pada gilirannya dapat menyebabkan depresi.

8. Kegelisahan
Penelitian telah menunjukkan adanya hubungan kuat antara gangguan kecemasan dan depresi. Dalam hal ini, wanita memang cenderung lebih  mudah mengalami kecemasan, tetapi pria sering lebih mudah untuk berbicara tentang perasaan cemasnya, daripada berbicara tentang kesedihannya.

9. Penyalahgunaan zat
Penyalahgunaan zat sering menyertai depresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa pecandu alkohol hampir dua kali lebih mungkin menderita depresi.

10. Disfungsi Seksual
Depresi adalah alasan umum untuk kehilangan hasrat dan disfungsi ereksi. Laki-laki cenderung kurang suka melaporkan masalah ini. Akibatnya, depresi pun justru bisa semakin meningkat.

11. Keraguan
Keraguan terkait dengan masalah pengolahan informasi dan depresi memperlambat kemampuan Anda untuk memutuskan.

12. Pikiran bunuh diri
Wanita lebih mungkin berusaha bunuh diri, tetapi pria lebih dari empat kali lebih mungkin untuk meninggal jika mereka mencoba bunuh diri. Salah satu alasannya adalah bahwa pria cenderung memilih metode yang lebih mematikan.

Sumber : Health.com.

Makasi Ibu ^__^

Pagi ini saya berseru , “wuaddduhhhhh,,,,” saat listrik tiba-tiba dimatikan sama orang-orang PLN yg ternyata udah siap-siap melakukan perbaikan. yaudah, akhirnya saya ke bawah, nyuci-nyuci piring (td habis makan). Saya lupa, kalau listrik mati, air pun habis karena pompa air mati, konsekuensinya PAM harus dinyalakan. yup, air pun lancaaarrr mengalir. Selama lebih dari se-jam saya di bawah. dan saya melupakan sesuatu yang sangat penting, sesuatu yang selama ini selalu saya usahakan untuk diingat-ingat.

Beberapa waktu lalu, Marco pengen mindahin anaknya dari kardus besar yang saya taruh di tempat jemuran, kalau nggak salah, karena waktu itu ada jemurannya temen basah, dan tetesannya sedikit mengenai kardus (baca : box bayi) si pus. Sebenarnya Si Marco pengen mindahin anak-anaknya ke kamar-kamar kami (dia selalu mengincar lemari kami). Tapi, kami jelas melarangnya donggggg…. Akhirnya, saya pindahin tuh kardus ke atas meja yang biasa dipake Pak Kun (pak tukang yang biasa dipanggil oleh Ibu Kost) kalau lagi ada yang mau dibangun atau dibenerin. Biar nggak kena tetesan air jemuran, mejanya saya taruh di dekat penampuangan air. Saya pikir di situ aman dan lumayan tersembunyi. Tapi, ada resikonya, kalau lagi pake air PDAM, trus penampungannya penuh, anak-anak kucing yang manis ini bakal kehujanan. Nah, itu dia point yang selalu saya ingat selama ini. TAPI, PAGI INI SAYA LUPA T_T

Usai nyuci-nyuci piring dan bersihin dapur, saya merasa senang sekali saat dikasi tau sama Ibu kost bahwa perbaikan akan dilanjutkan lain hari alias lampunya udah nyala. Saya pun ke atas deh.. wehhh, apa yang saya lihat? Si Marco lagi mindahin anaknya ke kasur saya, dengan cara si kecil digigit lehernya. wuadduh…. saya pun segera megang induknya, anaknya sampai jatuh… (kasiannnn, maaf yaa… moga nggak gegar otak…. T_T). Trus, saya nengok ke dekat jemuran, ya ampunnnn, airnya udah luberrrrrr, box tempat tidur si kucing pun kehujanaaaannnn air tampungannnnn.. saya pun jadi ikut-ikutan panik kaya si Marco, segera mindahin kardus yang udah sedikit basah… kain yg digunakan sebagai alas juga udah basah (dibuang deh akhirnya, diganti sama yang baru)…  Marco-Marco junior pun jadi pada rewelll….

Tapi alhamdulillah, akhirnya pada tenang lagi…. udah pada nggak kehujanan lagi… Nah, di tempat yang baru kebetulan kena cahaya matahari… si Pus kepanasan… panik lagi induknya…. ngeang-ngeonggggggg…. saya tengok, saya ketawa aja saat simboknya si kucing nggak mau tidur di kardusnya ( karena kepanasan). Kardus pun saya pindahin ke tempat yang teduh… Nah, sekarang mereka udah pada nyenyak tidur siangggg ditemani si induk yang manis.

Subhanallah… Kesimpulannya, seorang ibu pasti selalu menginginkan anak-anaknya berada dalam kondisi aman dan nyaman. Semoga kita sebagai manusia tidak kalah dari Marco yang begitu keibuan.  Semoga kita para wanita bisa menjadi ibu yang terbaik buat anak-anak kita. Dannnn, jangan lupa, yukkk kita ngucapin makasi ke Ibu kita di rumah ^__^ I love you mother ^___^ Semoga Allah selalu sayang padamu ^___^

Say YES To GAMBARU!

Sumber Gambar : reza-fahmi.blogspot.com

Tulisan oleh : Rouli Esther Pasaribu.

Terus terang saja, satu kata yang benar-benar bikin muak jiwa raga setelah tiba di Jepang dua tahun lalu adalah : GAMBARU alias berjuang mati-matian sampai titik darah penghabisan. Muak abis, sumpah, karena tiap kali bimbingan sama prof, kata-kata penutup selalu : motto gambattekudasai (ayo berjuang lebih lagi), taihen dakedo, isshoni gambarimashoo (saya tau ini sulit, tapi ayo berjuang bersama-sama) , motto motto kenkyuu shitekudasai (ayo bikin penelitian lebih  dan lebih lagi). Sampai gw rasanya pingin ngomong, apa ngga ada kosa kata lain selain GAMBARU? apaan kek gitu, yang penting bukan gambaru. Gambaru itu bukan hanya sekadar berjuang2 cemen gitu2 aja yang kalo males atau ada banyak rintangan, ya udahlah ya…berhenti aja.

Menurut kamus bahasa jepang sih, gambaru itu artinya : “doko made mo nintai shite doryoku suru” (bertahan sampai kemana pun juga dan berusaha abis-abisan) Gambaru itu sendiri, terdiri dari dua karakter yaitu karakter “keras” dan “mengencangkan”. Jadi image yang bisa didapat dari paduan karakter ini adalah “mau sesusah apapun itu persoalan yang dihadapi, kita mesti keras dan terus mengencangkan diri sendiri, agar kita bisa menang atas persoalan itu” (maksudnya jangan manja, tapi anggap semua persoalan itu adalah sebuah kewajaran dalam hidup, namanya hidup emang pada dasarnya susah, jadi jangan ngarep gampang, persoalan hidup hanya bisa dihadapi dengan gambaru, titik.).

Terus terang aja, dua tahun gw di jepang, dua tahun juga gw ngga ngerti, kenapa orang2 jepang ini menjadikan gambaru sebagai falsafah hidupnya. Bahkan anak umur 3 tahun kayak Joanna pun udah disuruh gambaru di sekolahnya, kayak pake baju di musim dingin mesti yang tipis2 biar ngga manja terhadap cuaca dingin, di dalam sekolah ngga boleh pakai kaos kaki karena kalo telapak kaki langsung kena lantai itu baik untuk kesehatan, sakit2 dikit cuma ingus meler2 atau demam 37 derajat mah ngga usah bolos sekolah, tetap dihimbau masuk dari pagi sampai sore, dengan alasan, anak akan kuat menghadapi penyakit jika ia melawan penyakitnya itu sendiri. Akibatnya, kalo naik sepeda di tanjakan sambil bonceng Joanna, dan gw ngos2an kecapean, otomatis Joanna ngomong : Mama, gambare! mama faitoooo! (mama ayo berjuang, mama ayo fight!). Pokoknya jangan manja sama masalah deh, gambaru sampe titik darah penghabisan it’s a must!

Gw bener2 baru mulai sedikit mengerti mengapa gambaru ini penting banget dalam hidup, adalah setelah terjadi tsunami dan gempa bumi dengan kekuatan 9.0 di jepang bagian timur. Gw tau, bencana alam di indonesia seperti tsunami di aceh, nias dan sekitarnya, gempa bumi di padang, letusan gunung merapi….juga bukanlah hal yang gampang untuk dihadapi. Tapi, tsunami dan gempa bumi di jepang kali ini, jauuuuuh lebih parah dari semuanya itu. Bahkan, ini adalah gempa bumi dan tsunami terparah dan terbesar di dunia. Wajaaaaaaar banget kalo kemudian pemerintah dan masyarakat jepang panik kebingungan karena bencana ini. Wajaaaaar banget kalo mereka kemudian mulai ngerasa galau, nangis2, ga tau mesti ngapain. Bahkan untuk skala bencana sebesar ini, rasanya bisa “dimaafkan” jika stasiun-stasiun TV memasang sedikit musik latar ala lagu-lagu ebiet dan membuat video klip tangisan anak negeri yang berisi wajah-wajah korban bencana yang penuh kepiluan dan tatapan kosong tak punya harapan. Bagaimana tidak, tsunami dan gempa bumi ini benar-benar menyapu habis seluruh kehidupan yang mereka miliki. Sangat wajar jika kemudian mereka tidak punya harapan. Tapi apa yang terjadi pasca bencana mengerikan ini? Dari hari pertama bencana, gw nyetel TV dan nungguin lagu-lagu ala ebiet diputar di stasiun TV. Nyari-nyari juga di mana rekening dompet bencana alam. Video klip tangisan anak negeri juga gw tunggu2in. Tiga unsur itu (lagu ala ebiet, rekening dompet bencana, video klip tangisan anak negeri), sama sekali ngga disiarkan di TV. Jadi yang ada apaan dong? Ini yang gw lihat di stasiun2 TV :

1. Peringatan pemerintah agar setiap warga tetap waspada

2. Himbauan pemerintah agar seluruh warga jepang bahu membahu menghadapi bencana (termasuk permintaan untuk menghemat listrik agar warga di wilayah tokyo dan tohoku ngga lama-lama terkena mati lampu)

3. Permintaan maaf dari pemerintah karena terpaksa harus melakukan pemadaman listrik terencana

4. Tips-tips menghadapi bencana alam

5. nomor telepon call centre bencana alam yang bisa dihubungi 24 jam

6. Pengiriman tim SAR dari setiap perfektur menuju daerah-daerah yang terkena bencana.

7. Potret warga dan pemerintah yang bahu membahu menyelamatkan warga yang terkena bencana (sumpah sigap banget, nyawa di jepang benar-benar bernilai banget harganya)

8. Pengobaran semangat dari pemerintah yang dibawakan dengan gaya tenang dan tidak emosional : mari berjuang sama-sama menghadapi bencana, mari kita hadapi (government official pake kata norikoeru, yang kalo diterjemahkan secara harafiah : menaiki dan melewati) dengan sepenuh hati.

9. Potret para warga yang terkena bencana, yang saling menyemangati :

*ada yang nyari istrinya, belum ketemu2, mukanya udah galau banget, tapi tetap tenang dan ngga emosional, disemangati nenek2 yang ada di tempat pengungsian : gambatte sagasoo! kitto mitsukaru kara. Akiramenai de (ayo kita berjuang cari istri kamu. Pasti ketemu. Jangan menyerah)

*Tulisan di twitter : ini gempa terbesar sepanjang sejarah. Karena itu, kita mesti memberikan usaha dan cinta terbesar untuk dapat melewati bencana ini; Gelap sekali di Sendai, lalu ada satu titik bintang terlihat terang. Itu bintang yang sangat indah. Warga Sendai, lihatlah ke atas.

Sebagai orang Indonesia yang tidak pernah melihat cara penanganan bencana ala gambaru kayak gini, gw bener-bener merasa malu dan di saat yang bersamaan : kagum dan hormat banget sama warga dan pemerintah Jepang. Ini negeri yang luar biasa, negeri yang sumber daya alamnya terbatas banget, negeri yang alamnya keras, tapi bisa maju luar biasa dan punya mental sekuat baja, karena : falsafah gambaru-nya itu. Bisa dibilang, orang-orang jepang ini ngga punya apa-apa selain GAMBARU. Dan, gambaru udah lebih dari cukup untuk menghadapi segala persoalan dalam hidup. Bener banget, kita mesti berdoa, kita mesti pasrah sama Tuhan. Hanya, mental yang apa-apa “nyalahin” Tuhan, bilang2 ini semua kehendakNya, Tuhan marah pada umatNya, Tuhan marah melalui alam maka tanyalah pada rumput yang bergoyang… ..I guarantee you 100 percent, selama masih mental ini yang berdiam di dalam diri kita, sampai kiamat sekalipun, gw rasa bangsa kita ngga akan bisa maju. Kalau ditilik lebih jauh, “menyalahkan” Tuhan atas semua bencana dan persoalan hidup, sebenarnya adalah kata lain dari ngga berani bertanggungjawab terhadap hidup yang dianugerahkan Sang Pemilik Hidup. Jika diperjelas lagi, ngga berani bertanggungjawab itu maksudnya  : lari dari masalah, ngga mau ngadepin masalah, main salah2an, ngga mau berjuang dan baru ketemu sedikit rintangan aja udah nangis manja.

Kira-kira setahun yang lalu, ada sanak keluarga yang mempertanyakan, untuk apa gw menuntut ilmu di Jepang. Ngapain ke Jepang, ngga ada gunanya, kalo mau S2 atau S3 mah, ya di eropa atau  amerika sekalian, kalo di Jepang mah nanggung. Begitulah kata beliau. Sempat terpikir juga akan perkataannya itu, iya ya, kalo mau go international ya mestinya ke amrik atau eropa sekalian, bukannya jepang ini. Toh sama-sama asia, negeri kecil pula dan kalo ga bisa bahasa jepang, ngga akan bisa survive di sini. Sampai sempat nyesal juga, kenapa gw ngedaleminnya sastra jepang dan bukan sastra inggris atau sastra barat lainnya. Tapi sekarang, gw bisa bilang dengan yakin  sama sanak keluarga yang menyatakan ngga ada gunanya gw nuntut ilmu di jepang. Pernyataan beliau adalah salah sepenuhnya. Mental gambaru itu yang paling megang adalah jepang. Dan menjadikan mental gambaru sebagai way of life adalah lebih berharga daripada go international dan sejenisnya itu.

Benar, sastra jepang, gender dan sejenisnya itu, bisa dipelajari di mana saja. Tapi, semangat juang dan mental untuk tetap berjuang abis-abisan biar udah ngga ada jalan, gw rasa, salah satu tempat yang ideal untuk memahami semua itu adalah di jepang. Dan gw bersyukur ada di sini, saat ini. Maka, mulai hari ini, jika gw mendengar kata gambaru, entah di kampus, di mall, di iklan-iklan TV, di supermarket, di sekolahnya joanna atau di mana pun itu, gw tidak akan lagi merasa muak jiwa raga. Sebaliknya, gw akan berucap dengan rendah hati : Indonesia jin no watashi ni gambaru no seishin to imi wo oshietekudasatte, kokoro kara kansha itashimasu. Nihon jin no minasan no yoo ni, gambaru seishin wo mi ni tsukeraremasu yoo ni, hibi gambatteikitai to omoimasu. (Saya ucapkan terima kasih dari dasar hati saya karena telah mengajarkan arti dan mental gambaru bagi saya, seorang Indonesia. Saya akan berjuang tiap hari, agar mental gambaru merasuk dalam diri saya, seperti kalian semuanya, orang-orang Jepang).

Say YES to GAMBARU!

Semoga tetap semangat terus saling bahu membahu!

Foto-Foto dan Sajak Keren Antday Iskandar

Siapa Antday Iskandar? Nah, sebagian pasti sudah kenal, dan sebagian lagi dijamin belum… Yup, pria kelahiran 25 April 1986 ini adalah temen Facebook saya. Saya ingat betul ni, beliau yang berdomisili di Tangerang ini add saya karena naksir sama produk2 buat pecinta alam yang sempat saya tawarkan dulu. Hehehe, buka kartu😀. So, bisa disimpulkan, Antday Iskandar memang pecinta alam sejati. Bukti lainnya apa Fit? Sip-sip, ini ada beberapa foto-fotonya selama “muncak” di gunung… Saking kerennya, saya sampai minta ijin ke beliau untuk posting foto-fotonya. Dan satu hal lagi yang menarik dari seorang Antday Iskandar. Apa itu? Dia jago bikin puisi😀 Wuihhh, manstap deh…. Ada yang mau temenan sama Antday Iskandar? Klik di sini ya : Antday Iskandar.

aku sang angin….

aku bebas

aku melayang semauku

karna aku berhaK menentukan ingin ku,

aku tak pduli siapa yg coBa menangkapku dlm ruang keterbatasan,

kan ku terjang dgn badai ku….

aku sang angin,

yg patuh pda kewajiban ku,

yg tlah Tuhan tentukan,

sbgai nafas khidupan,

meski kau tak meminta,

aku ingin berguna untk kalian sbgai pendingin hatimu yg sdang gelisah.

akulah sang angin…

yg terbang bebas dlm hak dan kewajiban kehidupan……….!!!!

***

pagi indahku telah kembali,
sejuknya embun yg keluar dri knalpot kendaraan
ditemani nyanyian merdu mesin2 industri,
smakin meriahkn hari ini……

hembusan udara pagi,
lambaikan tangan2 penuh mimpi,
satukan derap langkah berirama menuju pulau surga (katanya).

slamat pagi kota ku..
smangat pagi kawanku…!!

***

dan aku pun tersandar di ujung malam,
trkapar kalah menantang kelam malam,…..

gelapnya memaksa menutup mata,
dingin nya memaki ku beranjak dri kepenatan,
heningnya antarku menuju dunia peraduan,

aku dan malam,
kembali bercumbu di dunia impian,

malam,slmt malam,
slmat malam kawan…..!!

***

petualang merasa sepi…..

sendiri,
dikelam hari…………!!!

***

mengeluh lah terus mengeluh,
sampe loe muak dgn smua keluhan loe yg memang tak pernah memuaskan nafsu ingn loe,

kapan kau mensyukuri apa yg tlah kau dapati,…??

saat nasib tak brpihak,
sejuta keluh kau lontarkn pda keadaan,
tpi,
ketika nikmat yg kau dapat,kesombongan yg kau umbar2kn……..!!

manusia…….
dmana letak syukur mu….???

***

kembali pagi ini memaksa jari pecahkan karang….
mencari serpihan2 harapan yg dijanjikan sang dewa nasib,

meski khayal mendapat lotrhe,
tpi nyatanya tetap kere,

hufh….
sudahlah gali gongli,
ikutlh gurau mereka yg memang akrab dgn alam,
meski gaji cukup hanya untk libur kecil kaum kusam…….

***

irama malam lantunkn ke tenangan,
mengalun rendah sayup mata,
angin berbisik kesejukan hati,
mengusap peluh lelah diri,

disini,
di alas alam ini merebahkan raga diri,
melepas sisa pandang menerawang langit,

bintang2 brkedip,
janjikan ceria dunia peraduan,
gelap mlam antarku jumpai gerbang kelelapan,
untk aku jumpai dunia impian……..!!

malam,slmt mlam,
slmat mlam kawan….!!

***


Thanks to : Antday Iskandar dan kawan-kawan, semoga selamat dan sukses selalu😀

Manfaat Pepaya Untuk Mengencangkan Payudara, Awet Muda Dan Pelangsing Tubuh

Wewww, kalau udah membahas masalah pepaya, yang saya ingat adalah betapa murahnya pepaya (bahkan lebih sering gratis) di kampung saya sono. Lha, di tempat tinggal saya sekarang, secuil aja 500.. hehehe.. Tapi kita nggak akan membahas masalah harga pepaya, melainkan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita…😀

Pepaya adalah buah yang dapat dijumpai sepanjang tahun. Bukan hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, ternyata hampir dari seluruh bagian dari pepaya dapat dimanfaatkan. mulai dari kuntum bunga, buah, daun, batang, akar, getah dan bahkan kulit pohonya juga khasiat yang berguna untuk tubuh.

Pepaya selain digunakan untuk minuman penyegar, rujak, selai, agar-agar, dan kue, ternyata pepaya juga dapat digunakan untuk obat anti-amuba, mengurangi gangguan jantung dan obat peluruh kencing.

Tahukah anda bahwa buah pepaya juga punya efek terapi yang sangat baik? khususnya terapi kecantikan bagi wanita seperti melangsingkan tubuh, mengencangkan payudara dan awet muda.

Mengencangkan Payudara

Pepaya di percaya oleh nenek moyang kita sejak dulu sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang merangsang pengeluaran hormon wanita dan merangsang indung telur mengeluarkan hormone betina. Dari hormon tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.

Awet Muda

Kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipatnya buah apel!!. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Pepaya juga baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dipori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai sekarang rajin-rajin saja pakai masker buah pepaya atau facial pepaya

Pelangsing Tubuh

Buah pepaya punya khasiat menguruskan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya muda dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Nah, enzim tersebut berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh kita. Enzim itu juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging berlebih.

Sumber

Jus Buah Tak Sebaik yang Dikira

Fitrisblog.wordpress.com  – Siapa yang nggak suka minum jus buah? Saya yakin, Anda sekalian suka mengkonsumsi buah, apalagi yang sudah dibikin jus dan siap diminum. Hmmm… Dingin-dingin segerrr😀 Manis, masih pula dikasi susu kental manis di atasnya.. Menarik hati dan setiap mata😀

Oke, klita memang disarankan untuk mengonsumsi buah segar sebanyak sedikitnya lima porsi sehari. Nah, jus buah memang bisa jadi alternatif bagi kita-kita yang sibuk atau memang maunya praktis. Sayangnya, menurut para peneliti, manfaat buah segar tak sama dengan jus buah. Jus dalam kemasan karton tak bisa dianggap sama dengan lima porsi buah segar dalam sehari. Mengapa?

Menurut penelitian dari Bangor University di North Wales, Inggris, kandungan gula dalam jus kemasan karton terlalu tinggi. Bayangkan, satu gelas jus mengandung sekitar lima sendok teh gula (takaran satu sendok teh gula adalah 4 gram). Jus buah yang Anda beli di warung pun tak kalah bahayanya. Coba perhatikan, dalam satu gelas jus, biasanya penjualnya menambahkan setidaknya tiga sendok makan gula (sekali lagi, sendok makan) bukan? Nah, kebiasaan meminum jus yang salah ini bisa meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan obesitas bila dilakukan setiap hari.

“Saya mempertanyakan kebijaksanaan dari pesan untuk minum jus buah lima kali sehari,” tutur Dr Hans-Peter Kubis dari Bangor University. “Masalahnya, orang sering kali menggantikan buah segar dengan jus buah, dan ini salah.”

Jus buah, yang kandungan gulanya dua pertiga dari jumlah gula dalam minuman bersoda, tidak tepat bila diminum lima kali sehari. Dengan hasil penelitian ini, timnya berusaha mendorong para orangtua untuk memberikan anak-anak mereka air putih saja, dan makan lebih banyak buah dan sayuran segar. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran segar, Anda akan mendapatkan manfaat vitamin dan seratnya sekaligus.

Bila Anda kurang menyukai buah segar, Anda juga bisa mencoba buah kering yang banyak dijual di supermarket. Meskipun rasanya sangat manis, tidak berarti buah kering mengandung banyak gula. Rasa manis itu terjadi karena kandungan air dalam buah telah hilang. Selain itu, para peneliti di Leeds University juga mendapati bahwa buah kering mengandung antioksidan, polifenol, dan nutrisi, sama banyaknya dengan buah segar. Buah kering juga dapat membantu melawan kanker, penyakit metabolik, dan masalah jantung.

Meskipun begitu, jika Anda gemar mengonsumsi jus buah, tak berarti Anda harus menghentikan sama sekali kebiasaan ini. Anda bisa membuat jus buah dengan mengurangi takaran gulanya. Atau, buat saja jus tanpa tambahan gula. Bila membeli jus buah dalam karton, pilih yang kandungan gulanya paling sedikit. Dan, sebaiknya tidak mengonsumsinya setiap hari.

Sumber: Marie Claire dalam Kompas

Apakah Pembalut Anda Berkualitas? Anda Bisa Mengujinya Sendiri…

Berawal dari sms sahabat yang bilang bahwa merk pembalut yang saya pakai selama ini katanya mengandung kaporit yang dapat menyebabkan kanker serviks dan mulut rahim. Rasa penasaran pun muncul, lalu saya posting sebagai status di Facebook. Ada yang menyarankan saya untuk menggunakan pembalut yang katanya dibuat dari kapas asli (bukan bekas) yang juga mampu membunuh kuman karena ada kandungan herbalnya. Namun, sahabat yang lain yang sudah selama setahun menggunakan pembalut herbal tsb, mengatakan keluhannya akhir2 ini, ditambah kekhawatirannya tentang matinya kuman baik yang justru bermanfaat. Nah, malah jadi rada bingung saya. Untung saja seorang kawan memberikan link ke sebuah artikel yang sangat bermanfaat, terkait dengan cara memilih pembalut yang tepat. Berikut kutipannya😀

Menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia), Indonesia merupakan negara dengan penderita kanker mulut rahim (serviks) nomor 1 di Dunia dan 62% nya diakibatkan oleh penggunaan pembalut yang kurang berkualitas. Terlebih dengan keterangan bahwa di RSCM, terdapat 400 pasien kanker serviks baru setiap tahunnya dan kematian akibat kanker serviks sekitar 66%.

Lalu bagaimanakah caranya agar kita bisa membedakan mana produk pembalut yang berkualitas dan mana produk yang menggunakan bahan dioksin yang didalamnya terbuat dari hasil daur ulang barang-barang bekas. Cara yang mudah dalam menguji kualitas pembalut yang sering anda gunakan, adalah sebagai berikut:

Sobek bagian inti (bagian dalam) produk pembalut anda, kemudian ambil segelas air putih dan gunakan gelas transparan (bening) sehingga bisa terlihat lebih jelas perubahan cairannya. Ambil sebagian dari lembaran inti pembalut tersebut dan celupkanlah ke dalam gelas yang berisi air tersebut, lalu aduk sebentar. Tunggu beberapa saat, dan perhatikan perubahan warna pada air tersebut. Jika anda melihat produk tersebut hancur seperti pulp dan airnya keruh, berarti pembalut yang anda gunakan adalah yang berkualitas buruk dan mengandung banyak pemutih. Dan akan anda temukan gulungan kertas dan bukan kapas. Produk yang berkualitas buruk tersebut mengandung dioksin yang sering menyebabkan bagian intim organ kewanitaan selalu mengalami banyak masalah, seperti keputihan, gatal-gatal, iritasi, juga pemicu terjadinya kanker mulut rahim/servik.

Mengapa organ kewanitaan kita rentan sekali terinfeksi bacteria? Menurut hasil penelitian, terdapat sebanyak 107 bakteri per milimeter persegi ditemukan di atas pembalut wanita yang berkualitas buruk, kondisi inilah yang memicu pembalut tersebut menjadi sumber sarang pertumbuhan bakteri merugikan, meski pembalut tersebut hanya dipakai selama 2 jam saja. Dapat anda bayangkan betapa banyaknya bakteri pada permukaan seluas pembalut, apabila pembalut tersebut dipakai lebih dari 2 jam.

Dan kemungkinan seorang wanita dewasa terjangkit infeksi pada bagian vagina adalah sebesar 83%. Berarti dari 10 wanita, terdapat 8 wanita yang mengalami infeksi vagina. 62% dari statistik tersebut disebabkan oleh pemakaian pembalut yang berkualitas buruk. Jika seorang wanita mulai terjangkit infeksi vagina sejak usia 20 tahun, maka sedikitnya dibutuhkan waktu 6 tahun dalam hidupnya hanya untuk proses pengobatan dan perawatan infeksi vagina. Selain pembalut tersebut, waspadai pula pemakaian pantyliner yang hampir setiap hari anda gunakan.

Waspadai bila organ intim kewanitaan anda sering mengalami keputihan. Jangan anggap sepele masalah keputihan. Karena bila anda biarkan terus menerus tanpa diobati, maka hal tersebut akan menjadi pemicu terjadinya Kanker leher rahim. Terdapat 2 macam keputihan, yaitu keputihan yang normal dan keputihan yang tidak normal. Keputihan normal bila lendir berwarna bening, tidak berbau, dan tidak gatal. Bila salah satu saja dari ketiga syarat tersebut tidak terpenuhi berarti keputihan tersebut dikatakan tidak normal. Dan anda harus segera berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengatasi hal tersebut agar tidak berkembang menjadi pencetus kanker leher rahim yang mematikan.

Sumber

Makanan yang Tidak Boleh Digabung dengan Obat

Jus buah
Grapefruit mengandung senyawa yang disebut dengan furanokumarin yang bisa mencegah enzim dalam usus untuk menjaga benda asing tetap berada di luar, sehingga tidak bekerja secara optimal. Kondisi ini akan membuat lebih banyak obat yang diserap sehingga efektivitasnya bisa 2-3 kali lipat dari dosis yang dianjurkan.

Sebaiknya tidak mencampur jus grapefruit dengan obat untuk mengobati irama jantung abnormal, antidepresan, antihistamin (obat alergi), statin dan obat anti kejang. Sedangkan jus cranberry dan jus delima bisa memperlambat kecepatan hati untuk memecah pengencer darah obat dan pada obat antidepresan bisa menyebabkan penurunan efektifitas obat.

Makanan produk susu
Kalsium dalam susu bisa mengikat tetrasiklik dan minosiklik dari antibiotik. Jika kandungan antibiotik ini digabung dengan mineral akan membuatnya tidak larut dalam usus sehingga tidak diserap oleh tubuh. Mengonsumsi susu setengah liter bisa mengurangi efektivitas antibiotik hingga 80 persen. Kalsium juga bisa mengganggu penyerapan obat osteoporosis. Hindari minum susu dalam waktu 2 jam sebelum minum obat.

Makanan fermentasi
Makanan hasil fermentasi seperti keju yang mengandung tyramine dalam konsentrasi tinggi bisa menyebabkan ‘sindrom keju’. Tyramine akan bereaksi dengan obat antidepresan yang disebut monoamine oxidase inhibitor (MAOIs) dengan mencegah enzim yang berfungsi mencerna senyawa. Kondisi ini akan mengakibatkan tekanan darah tinggi yang berbahaya.

Daging panggang
Penderita asma harus menghindari daging panggang karena kandungan karbonnya bisa membentuk senyawa yang mencegah obat asma dengan teofilinn bekerja secara optimal. Selain itu karbon ini juga bisa memicu serangan asma meskipun sudah mengonsumsi obat.

Sayuran hijau
sebagian besar sayuran hijau termasuk bayam, kol dan teh hijau mengandung kadar vitamin K yang tinggi dan bisa memicu pembekuan darah. Jika dikonsumsi dengan obat pengencer darah akan membuatnya menjadi tidak berguna.

Makanan berserat
Makanan yang tinggi serat bisa memperlambat penyebaran banyak obat termasuk digoxin yang digunakan untuk mengatur detak jantung tidak teratur, obat diabetes metformin dan mencegah penyerapan obat penurun kolesterol statin. Tapi bukan berarti makanan berserat harus dihilangkan dari menu makanan, tapi hindari mengonsumsinya dalam waktu 2 jam sebelum minum obat.

Sumber

Tatap Warna Merah… Tataaaap, tataaaaap.. Otot Anda Akan Makin Kuat dan Lincah!

New York, Apa yang Anda rasakan saat melihat uang seratus ribu tergeletak di meja kamar Anda? Apa yang Anda rasakan saat melihat bibir teman wanita Anda yang merah dan menggoda? Apakah Anda menjadi lebih bersemangat?

Secara naluriah, otot manusia semakin kuat dan bergerak lebih cepat ketika melihat segala hal yang berwarna merah. Kalau tidak percaya, amati refleks seorang istri saat menampar suaminya yang pulang dengan kemeja bernoda gincu merah. Huaahahahaha, ngasih contohnya kok ya lucu😀

Contoh di atas mungkin terlalu ekstrem, namun bisa dibandingkan dengan respons seorang murid saat menerima rapor yang isinya merah semua. Otot jantungnya pasti akan bekerja dengan lebih cepat, sehingga berdetak sangat kencang dan tidak terkendali. (Kalau menurut saya sih ini karena memang sudah terbentuk persepsi bahwa nilai berwarna merah itu jelek :D)

Begitu juga ketika seorang pria berpapasan dengan gadis cantik di jalan lalu tertarik untuk mengikutinya. Jika gadis tersebut berbaju merah, tanpa disadari langkah kaki pria itu akan menjadi lebih cepat dibandingkan jika si gadis mengenakan baju dengan warna lain.

Andrew Elliot, seorang profesor dari University of Rochester, New York mengatakan secara naluriah gerakan otot manusia memang dipengaruhi oleh warna merah. Di dalam konsep evolusi, kecenderungan ini berguna untuk menghindarkan manusia dari bahaya yang mengancam.

Ketika muncul di wajah seseorang, warna merah sering menandakan amarah yang sedang memuncak. Jika ingin selamat, seseorang yang berhadapan dengan lawan yang wajahnya mulai memerah harus menggerakkan ototnya lebih cepat untuk segera menyingkir atau bersiap-siap membela diri.

“Ancaman dalam bentuk warna merah bisa memicu rasa khawatir, membuat perhatian teralihkan dan kadang-kadang mengusik kenyamanan. Itu semua mempengaruhi kondisi fisik dan mental seseorang,” ungkap Prof Elliot seperti dikutip dari Dailymail, Sabtu (4/6/2011).

Untuk membuktikan teori tersebut, Prof Elliot melakukan eksperimen terhadap 46 orang mahasiswanya. Sambil menggenggam alat khusus untuk mengamati kekuatan cengkeraman, para partisipan diminta membaca kuat-kuat beberapa kata yang ditulis dengan warna yang berbeda.

Setelah dibandingkan, cengkeraman tangan para mahasiswa cenderung menguat ketika membaca tulisan yang berwarna cerah terutama merah terang. Volume suara saat membaca tulisan berwarna merah juga teramati lebih tinggi dibandingkan saat membaca tulisan dalam warna yang lain.

Sumber : health.detik.com