12 Tanda-tanda Depresi pada Pria


Baik pada pria maupun wanita, depresi dapat menyebabkan kesedihan dan kehilangan minat kepada kegiatan yang sifatnya menyenangkan sekalipun. Hanya saja, laki-laki dan perempuan cenderung memiliki perbedaan dalam menunjukkan depresinya. Berikut adalah 12 tanda-tanda depresi pada pria.

1. Kelelahan
Orang yang mengalami depresi mau tidak mau harus menjalani serangkaian perubahan fisik dan emosional. Mereka bisa mengalami keterbelakangan kelelahan, serta psikomotor, atau perlambatan gerakan fisik, ucapan, dan proses berpikir.

2. Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit
Masalah tidur-seperti insomnia, bangun sangat awal di pagi hari, atau tidur yang berlebihan adalah gejala depresi secara umum.

3. Sakit perut atau sakit punggung
Masalah kesehatan seperti sembelit atau diare, serta sakit kepala dan sakit punggung, umum dialami oleh orang yang mengalami depresi.

4. Sifat lekas marah
Untuk menyembunyikan kondisinya yang sedang “down”, pria yang mengalami depresi sering menunjukkan tanda-tanda marah.

5. Kesulitan berkonsentrasi
Retardasi psikomotor dapat memperlambat kemampuan pria untuk memproses informasi, sehingga mengganggu konsentrasi pada pekerjaan atau tugas lainnya.

6. Kemarahan atau permusuhan
Beberapa pria memanifestasikan depresi dengan menjadi bermusuhan, marah, atau agresif. Seorang pria yang menyadari ada sesuatu yang salah mungkin merasa perlu untuk mengkompensasinya dengan menunjukkan bahwa dia masih kuat atau mampu.

7. Stres
Penelitian telah menunjukkan bahwa stres dapat menyebabkan perubahan baik dalam tubuh dan otak, yang pada gilirannya dapat menyebabkan depresi.

8. Kegelisahan
Penelitian telah menunjukkan adanya hubungan kuat antara gangguan kecemasan dan depresi. Dalam hal ini, wanita memang cenderung lebih  mudah mengalami kecemasan, tetapi pria sering lebih mudah untuk berbicara tentang perasaan cemasnya, daripada berbicara tentang kesedihannya.

9. Penyalahgunaan zat
Penyalahgunaan zat sering menyertai depresi. Penelitian telah menunjukkan bahwa pecandu alkohol hampir dua kali lebih mungkin menderita depresi.

10. Disfungsi Seksual
Depresi adalah alasan umum untuk kehilangan hasrat dan disfungsi ereksi. Laki-laki cenderung kurang suka melaporkan masalah ini. Akibatnya, depresi pun justru bisa semakin meningkat.

11. Keraguan
Keraguan terkait dengan masalah pengolahan informasi dan depresi memperlambat kemampuan Anda untuk memutuskan.

12. Pikiran bunuh diri
Wanita lebih mungkin berusaha bunuh diri, tetapi pria lebih dari empat kali lebih mungkin untuk meninggal jika mereka mencoba bunuh diri. Salah satu alasannya adalah bahwa pria cenderung memilih metode yang lebih mematikan.

Sumber : Health.com.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s